PENDIDIKAN DAN PANDUAN

Rabu, 18 Januari 2017

PEDOMAN AKADEMIK MI PSM Surodadi 2016-2017



BAB I
PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN

1.      Proses Pembelajaran yang dilaksanakan dalam  satu tahun pelajaran terbagi  menjadi dua semester, yaitu semester ganjil dan semester genap.
2.      Jumlah minggu efektif untuk pelaksanaan proses pembelajaran dalam satu tahun pelajaran  sebanyak 38 minggu, yaitu 19 minggu pada  semester ganjil dan 19 minggu pada semester genap.
3.      Proses Pembelajaran dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :
a.       Setelah lonceng berbunyi semua siswa melaksanakan apel pagi (Upacara bendera untuk hari senin) dan kegiatan pembiasaan di halaman dengan kegiatan Apel Pagi.
b.      Hari Senin sampai dengan Sabtu  masuk pukul 07.00 WIB
c.       Hari  Senin  sampai  dengan  Sabtu :
1)      Kelas 1 dan 2 berakhir pukul 10. 50 WIB
2)      Kelas  3  berakhir pukul 11. 10 WIB  dan
3)      kelas  4 s/d 6    berakhir  pukul  12.20 WIB
d.      Hari Jum’at semua kelas berakhir pukul 10.50
e.       Hari Senin sampai dengan Sabtu  (kecuali hari Jum’at) setelah selesai pembelajaran, Peserta Didik  kelas  4  sampai  dengan  kelas  6  melaksanakan  sholat  Dhuhur berjamaah di Masjid
f.        Kegiatan Sholat Dluha setiap hari dilaksanakan saat istirahat pertama pukul 09.20.

BAB II
PRESENSI PESERTA DIDIK
1.      Peserta didik wajib hadir mengikuti proses pembelajaran selama satu tahun pelajaran untuk setiap tingkat.
2.      Setiap peserta didik wajib hadir mengikuti proses pembelajaran minimal 90 %  kehadiran dalam setiap semester.
3.      Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dilapangan (di luar kelas) sesuai karakteristik mata pelajaran .
4.      Peserta  didik    yang  tidak  dapat  mengikuti  proses  pembelajaran  di  kelas  dihitung masuk dalam kegiatan belajar mengajar apabila:
a.       Mengikuti lomba mewakili sekolah;
b.      Menghadiri upacara/kegiatan yang ditugaskan oleh sekolah
c.       Mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan program sekolah.
5.      Ketidakhadiran peserta didik dalam proses pembelajaran dapat disebabkan  :
a.       Sakit  (dibuktikan  dengan  surat  keterangan  dokter  dan  atau  pemberitahuan langsung/surat dari orang tua/wali )
b.      Ijin (didahului dengan permohonan atau surat dari orang tua/wali)
c.       Ditugaskan oleh Madrasah mengikuti kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.
d.      Sengaja tidak mengikuti kegiatan pembelajaran   tanpa keterangan yang sah

BAB III
PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.      Penilaian  terhadap  peserta  didik  dilaksanakan  secara  terencana  dan berkesinambungan  melalui  berbagai  kegiatan  ulangan  dan    tugas  individu maupun  kelompok.
2.      Tugas peserta didik dapat berupa :
a.       tugas terstruktur
b.      tugas tidak tersetruktur
3.      Tugas terstruktur sebagaimana disebutkan di atas  adalah tugas yang harus dikerjakan peserta didik dalam batas waktu penyelesaian ditentukan  dan  berkaitan  langsung  dengan  kompetensi  siswa dalam suatu mata pelajaran
4.      Tugas  tidak  terstruktur  sebagaimana  disebutkan  di atas adalah  tugas  yang  harus  dikerjakan  peserta  didik,  tidak  terkait  langsung dengan kompetensi siswa dalam suatu mata pelajaran dan waktu penyelesaiannya bebas.
5.      Jenis  tugas  tidak  terstruktur  diantaranya  membuat  laporan  hasil  membaca buku  perpustakaan  sekolah,  menulis  dengan  tema  bebas  karena  datang terlambat di sekolah, dan sebagainya
6.      Penilaian hasil belajar  di MI PSM Surodadi terdiri atas:
a.  penilaian hasil belajar oleh pendidik.
b.  penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan
c.  penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
7.      Penilaian hasil belajar oleh pendidik sebagaimana dimaksud dilakukan  secara  berkesinambungan  dalam  bentuk  ulangan  harian, ulangan  tengah  semester,  ulangan  akhir  semester,  dan  ulangan  kenaikan kelas / Kelulusan.
8.      Ulangan  harian  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  secara  periodik  untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan  satu kompetensi Dasar atau lebih.
9.      Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian  kompetensi  peserta  didik  setelah  melaksanakan  8    9  minggu kegiatan pembelajaran.
10.  Cakupan  ulangan  tengah  semester  meliputi  seluruh  indikator  yang merepresentasikan seluruh SK/KD atau KI pada periode tersebut.
11.  Ulangan tengah semester dilakukan atas koordinasi sekolah, dan dilakukan secara serentak serta terjadwal
12.  Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester pertama.
13.  Cakupan  ulangan  akhir  semester  meliputi  seluruh  indikator  yang merepresentasikan semua SK/KD atau KI pada semester pertama.
14.  Ulangan  akhir  semester  dilakukan  atas  koordinasi  sekolah,  dan  dilakukan secara serentak serta terjadwal
15.  Ulangan  kenaikan  kelas  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  pendidik  di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap.
16.  Cakupan  ulangan  kenaikan  kelas  meliputi  seluruh  indikator  yang  merepresentasikan KD pada semester genap.
17.  Penilaian sebagaimana dimaksud digunakan untuk:
a.  menilai pencapaian kompetensi peserta didik;
b.  bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan
c.  memperbaiki proses pembelajaran.
18.  Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan (MI PSM) bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.
19.  Penilaian  hasil  belajar  sebagaimana  dimaksud  terdiri  dari pendidikan agama islam (Al-Qur’an hadits, Aqidah Ahlaq, Fikih Sejarah Kebudayaan Islam Bahasa Arab dan BMK), Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Keterampilan, pendidikan Jasmani dan Kesehata, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan komputer.
20.  Penilaian  hasil  belajar  sebagaimana  dimaksud  dilakukan melalui Ujian Madrasah, Ujian Akhir Madrasah  dan Ujian Nasional untuk menentukan kelulusan peserta didik dari MI PSM Surodadi.
21.  Penilaian akher hasil belajar (kelulusan) oleh MI-PSM Surodadi dilaksanakan di kelas 6 semester genap
22.  Penilaian hasil belajar oleh pemerintah bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika dan ilmu pengetahuan alam.
23.  Penilaian  hasil  belajar  oleh  pemerintah  dilakukan  melalui  ujian  nasional  untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
24.  Penilaian  hasil  belajar  oleh  pemerintah  dilaksanakan  di  kelas  6  semester genap



Tidak ada komentar:

Posting Komentar